Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hotel di Malang Panen Tamu Natal & Tahun Baru

Hotel-hotel di Kota Malang panen tamu pada libur perayaan Natal dan malam Tahun Baru 2015 dengan tingkat hunian 100%.

Bisnis.com, MALANG—Hotel-hotel di Kota Malang panen tamu pada libur perayaan Natal dan malam Tahun Baru 2015 dengan tingkat hunian 100%.

Sekretaris Badan Pengurus Cabang Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Malang Slamet Sudiharto mengatakan pada libur Natal masa tinggal di hotel juga lebih panjang, yakni 25-27 Desember.

“Adanya cuti bersama pada 26 Desember menguntungkan hotel karena masa tinggal di hotel menjadi lebih panjang,” kata Slamet di Malang, Selasa (16/12/2014).

Namun untuk libur tahun baru, masa tinggal di hotel tidak panjang, hanya satu hari, yakni 31 Desember 2014,  karena pada 2 Januari mereka sudah masuk kerja.

Kondisi seperti itu, kata Slamet yang juga General Manager Hotel Sahid Montana dan Sahid Montana 2 Malang, terjadi hotel yang dia kelola.

Kondisi yang hampir sama juga terjadi di hotel-hotel lain yang beroperasi di Kota Malang, Kab. Malang, dan Kota Batu.

Namun untuk tingkat hunian kota pada Desember, justru turun. Hal itu bersamaan adanya larangan dari pemerintah pusat yang menegaskan bahwa aparat pemerintah dilarang menggelar acara di hotel dengan alasan penghematan.

Tingkat rerata hunian hotel di Kota Malang pada Desember 2014 diperkirakan hanya mencapai 40%-50%. Padahal mengacu bulan-bulan sebelumnya, pada September-Desember tingkat hunian hotel di kota tersebut selalu tinggi.

Tingkat hunian 40%-50% juga lebih rendah daripada angka tingkat hunian pada bulan-bulan sebelumnya yang secara year to date mencapai 54%.

“Jadi larangan pemerintah bagi aparat untuk menyelengarakan kegiatan hotel per-1 Desember itu sangat berpengaruh pada turunnya tingkat hunian,” ujarnya.

Karena itulah, BPC PHRI Malang berkirim surat ke pemerintah lewat Pemkot Malang agar larangan bagi aparat pemda untuk menyelenggarakan di hotel dicabut karena dapat “membunuh” bisnis perhotelan.

Hal itu bisa terjadi karena kegiatan meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) sangat besar kontribusi bagi peningkatan tingkat hunian hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper