Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aceh Bangun Lembaga Pendidikan Berbahasa Arab

Pemerintah Provinsi Aceh mulai membangun lembaga pendidikan setingkat akademi yang khusus mengajarkan bahasa Arab. Adapun, kampus ini merupakan bantuan dari Pemerintah Arab Saudi.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, BANDA ACEH--Pemerintah Provinsi Aceh mulai membangun lembaga pendidikan setingkat akademi yang khusus mengajarkan bahasa Arab. Adapun, kampus ini merupakan bantuan dari Pemerintah Arab Saudi.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah menuturkan, pembangunan kampus ini merupakan realisasi darinota kesepahaman antara Arab Saudi dan Aceh pada September 2012. Kampus ini dinamai Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain.

Kampus ini dibangun di Gampong Gani, Ingin Jaya, Blang Bintang di atas tanah wakaf dari Mesjid Raya Baiturrahman. Adapun, pengajaran bahasa Arab sebenarnya telah dimulai pada 2007. Namun, baru pada akhir tahun ini, Pemprov Aceh merealisasikan pembangunan gedung kampus.

"Pengajar kampus ini sebagian besar berasal dari Arab Saudi. Biaya pembangunan juga ditanggung seluruhnya oleh pemerintah Arab Saudi," tutur Zaini di sela-sela peletakan batu pertama gedung, Senin (15/12/2014).

Selain Zaini, dalam acara tersebut hadir pula Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa Ibrahim Al-Mubarak dan Wakil Rektor Universitas Muhammad Bin Saud Muhammad Said Al-Alam.

"Awalnya sistem belajar di sekolah ini sangat sederhana. Lokasi belajar menumpang di kantor MPU Aceh hingga saat ini. Belakangan kami sepakat meningkatkannya menjadi lembaga formal setingkat akademi," tambah Zaini.

Untuk proses peningkatan pendidikan, para alumni akan mendapat kesempatan untuk melanjutkan studi di Lembaga Ilmu Pendidikan Islam dan Bahasa Arab, Jakarta melalui beasiswa.

"Kampus ini gratis. Kami juga akan memberikan uang saku per bulan bagi para siswa," pungkas Zaini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper