Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berkah Dari Tren Pasar Batu Akik

Batu akik atau batu alam kini menjadi tren di kalangan masyarakat, terutama pria. Tak heran, pedagang batu akik keliling kini bertebaran di sudut-sudut Jakarta.

Bisnis.com, JAKARTA - Batu akik atau batu alam kini menjadi tren di kalangan masyarakat, terutama pria. Tak heran, pedagang batu akik keliling kini bertebaran di sudut-sudut Jakarta.

Faisal, pedagang batu keliling yang biasa mangkal di Lapangan Banteng dan Istiqlal, mengatakan, tren batu akik mulai terasa sejak tiga bulan silam. "Terutama black jade (giok hitam) dari Aceh," ujarnya saat ditemui Bisnis di pelataran Masjid Istiqlal, Jakarta, (12/12/2014).
 
Menurut Faisal, batu giok hitam dari Aceh menjadi tenar karena pengaruh artis Korea. Ia mengaku batu jenis ini paling banyak dicari pelanggannya. Selain batu Aceh, dia juga menjual batu akik dari Banten.
 
Soal harga, dia tak memasang tarif tertentu. "Ini kan soal selera, kalau batu kurang bagus dihargain mahal gak pantes juga," ujarnya.
 
Faisal menawarkan batu kasar dan batu yang sudah dibentuk menjadi hiasan cincin. Untuk batu akik yang sudah dibentuk, Faisal membanderol paling murah Rp 20.000 sedangkan yang paling mahal mencapai Rp 150.000
 
Ia menerangkan, sebagian barang jualannya dipasok dari sentra batu mulia di Pasar Rawa Bening. Faisal mengimbukan, dia hanya membeli batu yang relatif terjangkau untuk pelanggannya. "Kalau zamrud gitu enggak lah, gak cukup," katanya.
 

Sebelum berjualan di Istiqlal, Faisal menggelar lapak di Lapangan Monas. Namun, sejak ada larangan berjualan di sana, dia pindah. "Waktu di Monas sehari bisa sejuta, sekarang berkurang tapi alhamdulillah rezeki ada yang ngatur," jelasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper