Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MTB Leopard 2A4, Tank Tercanggih Milik Indonesia

Main Battle Tank (MBT) Leopard 2A4 Evolution menjadi tank tercanggih yang dimiliki TNI AD saat ini. Tank buatan Jerman tersebut ditampilkan dalam Pameran Alutsista TNI AD 2014 di Silang Monas sejak 12 Desember-15 Desember 2014.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Main Battle Tank (MBT) Leopard 2A4 Evolution menjadi tank tercanggih yang dimiliki TNI AD saat ini. Tank buatan Jerman tersebut ditampilkan dalam Pameran Alutsista TNI AD 2014 di Silang Monas sejak 12 Desember-15 Desember 2014.

Praka Mukhtadi dari Yonkav 1 menjelaskan tank yang tiba di Indonesia pada tahun ini tersebut memiliki daya akurasi penembakan yang tinggi.

"Keunggulannya penembakan dikunci pada sasaran, otomatis akan mengikuti," katanya, Jumat (12/12/2014).

Tembakan akan optimal, sambungnya, jika tembakan diarahkan dari jarak 7 km, sedangkan batas terjauh penembakan adalah 8 km.

Tank seberat 60 ton dengan kondisi dipenuhi amunisi dan bahan bakar tersebut menggendong meriam smoothbore kaliber 120 mm dan memiliki kecepatan 60 km/jam saat melaju.

Mukhtadin menyampaikan tank jenis Leopard merupakan tank paling baru, yang juga digunakan oleh negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Tank tersebut, sambungnya, juga lebih unggul dibandingkan tank buatan Amerika dari sisi meriamnya.

Indonesia membeli tank tersebut dari Jerman dalam kondisi bekas namun telah diperbaiki mesinnya. Tank Leopard 2A4 yang dipamerkan di Silang Monas, merupakan buatan 2004.

"Ini desainnya masih medan perang Jerman, tapi mesinnya sudah diganti," jelasnya.

Pada tahun depan, jelas Mukhtadin, Indonesia akan mendapatkan tank baru dari Jerman, yang dimodifikasi dari segi desain dan mesin sesuai dengan kondisi Indonesia. Tank tersebut diberi nama MTN Leopard 2RI.

Saat ini, kurang lebih terdapat 24 Tank Leopard 2A4 yang berada di Yonkaf 1 Cijantung dan Yonkav 8 Jawa Timur.

Lebih lanjut dia menuturkan dengan hadirnya Tank Leopard tersebut dapat meningkatkan eksistensi dan unjuk kekuatan TNI AD.

"Kami sebagai prajurit bangga memiliki tank ini dan memang sudah seharusnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper