Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI BALI: BI Prediksi Terus Meningkat pada 2015

Bank Indonesia memproyeksi perekonomian Bali pada 2015 tumbuh pada kisaran 6,0% - 6,5%. Kuatnya pertumbuhan ini didorong oleh kuatnya konsumsi dan membaiknya iklim investasi seiring dengan penerapan Komunitas Ekonomi ASEAN (KEA) serta membaiknya ekspor.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, DENPASAR -- Bank Indonesia memproyeksi perekonomian Bali pada 2015 tumbuh pada kisaran 6,0% - 6,5%. Kuatnya pertumbuhan ini didorong oleh kuatnya konsumsi dan membaiknya iklim investasi seiring dengan penerapan Komunitas Ekonomi ASEAN (KEA) serta membaiknya ekspor.

Perkiraan pertumbuhan tersebut masih di bawah target pertumbuhan ekonomi 2015 pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang berada pada kisaran 6,44% - 7,14%.

"Guna mencapai target dalam RPJMD, pemerintah daerah perlu memitigasi risiko ekonomi dan melakukan upaya-upaya terkait reformasi struktural, " ungkap Benny Siswanto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Rabu (10/12/2014).

Benny menambahkan, perkiraan menguatnya konsumsi sejalan dengan hasil survey Bank Indonesia yang menunjukkan membaiknya ekspektasi pendapatan dan pertumbuhan ekonomi pada 2015.

Penguatan konsumsi juga ditopang oleh meningkatnya APBD provinsi dan kabupaten/kota 2015. Peningkatan ekspor didukung oleh membaiknya ekonomi Amerika Serikat yang merupakan negara tujuan utama ekspor. Sedangkan dari sisi investasi, peningkatan didukung oleh investasi bangunan seperti pembangunan shortcut di titik-titik strategis jalur distribusi barang di Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper