Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pimpinan DPR Belum Akui Agus Gumiwang

Pimpinan DPR menyatakan masih belum mengakui Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar yang diusulkan Partai Golkar versi Agung Laksono, menyusul belum adanya penyelesaian sengketa internal Golkar.
Agus Gumiwang Kartasasmita /antara
Agus Gumiwang Kartasasmita /antara

Bisnis.com, JAKARTA—Pimpinan DPR menyatakan masih belum mengakui Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar yang diusulkan Partai Golkar versi Agung Laksono, menyusul belum adanya penyelesaian sengketa internal Golkar.

Wakil ketua DPR Agus Hermanto mengatakan DPR hanya mendengar informasi saja terkait pengajuan Agus Gumiwang sebagai ketua Fraksi Golkar dari kubu Agung Laksono hasil Munas IX Golkar di Jakarta.

“Kami juga belum menerima surat langsung penunjukan Agus Gumiwang itu,” katanya, Rabu (10/12/2014).

Untuk itu, jelasnya, selama belum mendapat keputusan yang mengikat penyelesaian perselisihan Partai Golkar itu, DPR masih mengakui Ade Komarudin sebagai Ketua Fraksi Golkar di DPR. “Jika belum ada keputusan, kami mengacu struktur lama. Itu aturannya.”

Agus yakin Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly pun juga berpendapat sama dengannya. “Pengakuan masing-masing Munas Golkar, baik versi Aburizal Bakrie [Ical] maupun Agung Laksono dari kemenkumham pun menunggu penyelesaian internal dulu.”

Sementara itu, Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad berharap kepada Agung dan Ical untuk segera menuntaskan kisruh internal partai itu. “Jangan sampai kisruh internal itu berdampak pada perpecahan fraksi di parlemen.”

Saat ini, ungkap Farouk, parlemen terutama DPR sudah disuguhkan aksi perpecahan mulai dari perbedaan pendapat Koalisi Indoensia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP) serta perseteruan PPP kubu Romahurmuziy dan Djan Faridz.

Kini saat semua sudah reda, lanjutnya, DPR bakal disuguhkan lagi aksi perpecahan dari intenal Golkar. “Ini tidak sehat bagi parlemen Indonesia. Dengan adanya perpecahan internal yang berisiko berdampak pada kinerja DPR dan MPR.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper