Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kantor Pos Manado Antisipasi Lonjakan Pengiriman

PT Pos Indonesia (Persero) Manado, Sulawesi Utara, memprediksi lonjakan jumlah pengiriman barang dan transaksi pembayaran hingga 90% menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2015.

Bisnis.com, MANADO—PT Pos Indonesia (Persero) Manado, Sulawesi Utara, memprediksi lonjakan jumlah pengiriman barang dan transaksi pembayaran hingga 90% menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2015.

Kepala Kantor Pos Manado Purgiyanto menuturkan peningkatan pengiriman terbesar diprediksi berasal dari segmen parsel seiring dengan kebiasaan masyarakat untuk saling mengirim barang menjelang Hari Natal.

“Sebagaimana diketahui, mayoritas penduduk Sulawesi Utara merayakan Natal. Setiap akhir tahun selalu ada peningkatan pengiriman barang,” katanya kepada Bisnis, Rabu (3/12).

Menurutnya, Kantor Pos Manado biasanya menerima pengiriman barang sekitar 3.000 item per bulan, baik keluar (out going) maupun kedatangan (incoming).

Dengan adanya momen Natal dan Tahun Baru, pihaknya memprediksi transaksi pengiriman barang akan meningkat hingga hampir 6.000 item per bulan.

“Biasanya outgoing naik 50% dari kondisi normal, sedangkan incoming diprediksi naik hingga 90%,” tegasnya.

Dia menjelaskan Kantor Pos Manado menjadi pintu masuk pengiriman surat dan barang dari seluruh provinsi yang akan dikirimkan ke sejumlah kabupaten/kota, seperti Minahasa, Minahasa Utara, bahkan hingga Gorontalo dan kepulauan.

Setelah diterima melalui pesawat terbang, surat dan barang akan didistribusikan melalui jalur darat ke tempat tujuan.

Purgiyanto menambahkan segmen jasa keuangan berupa pengiriman dan penerimaan wesel diproyeksikan juga meningkat karena sebagian warga Sulawesi Utara bekerja di luar negeri dan di luar daerah.

Menurut dia, transaksi pengiriman wesel mencapai rata-rata 3.500 transaksi per bulan, sedangkan penerimaan wesel dari sejumlah daerah dan negara lain mencapai 5.500 transaksi per bulan.

“Menjelang Natal, transaksi wesel ini biasanya meningkat drastis karena warga yang berada di luar daerah mengirim uang kepada anggota keluarganya di sini” tuturnya.

Bahkan, pengiriman surat juga dinilai akan terkena imbas perayaan Natal itu, terutama pengiriman surat untuk segmen ritel.

Pada kondisi normal, Kantor Pos Manado biasanya mengirim surat pribadi (ritel) sekitar 17.000 pucuk per bulan, sedangkan perusahaan (korporasi) mencapai 25.000 pucuk surat per bulan.

“Surat pribadi atau segmen ritel cenderung meningkat 10%-15%, sedangkan korporasi relatif tidak terpengaruh,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper