Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendidikan China, Harbin Institute Technology Masuk 10 Universitas Terbaik Dunia

Harbin InstituteTechnology (HIT) dinobatkan menjadi salah satu dari 10 univesitas teknik terbaik dunia berdasarkan versi US News& World report.
Ilustrasi Siswa Indonesia berangkat kuliah ke China/Jibi
Ilustrasi Siswa Indonesia berangkat kuliah ke China/Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Harbin InstituteTechnology (HIT) dinobatkan menjadi salah satu  dari 10 univesitas teknik terbaik dunia berdasarkan versi US News& World report.

HIT dan beberapa kampus di Asia lainnya berhasil mengungguli universitas-universitas di bidang teknik dari Eropa Barat dan Australia.

Samuel Wiyono, Direktur Beijing Language & Culture Institute (BLCI), menjelaskan menurut rilis US News & World report,  HIT menduduki  urutan 10 Best Global Universities for Engineering dengan Massachusetts InstituteTechnology (MIT), Amerika dan Tsinghua University, Tiongkok di urutan pertama dan kedua.

"Dalam urutan 10 besar tersebut didominasi oleh universitasd ari Amerika dan Asia, sedangkan universitas terkemuka Inggris seperti ImperialCollege of London dan University of Cambridge masing masing di urutan ke 12 dan 27," ujar Samuel dalam keterangan tertulis, Senin (1/12).

Dia mengungkapkan HIT  sebagai mitra BLCI  belum lama ini datang ke Indonesia, dan ikut dalam Pameran Pendidikan Tiongkok (PPT) ke-19 yang diselenggarakan Beijing Language & Culture Institute (BLCI) di Jakarta dan Surabaya.

“Partisipasi HIT dalamPPT ke-19, mendapat antusias tersediri oleh para pelajar di Jakarta danSurabaya. Beberapa di antaranya setelah mendapat penjelasan  langsung oleh para dosen  HIT langsung mendaftar,”jelasnya.   

Menurutnya, PPT ke-19 tersebut diikuti puluhan sekolah dan perguruan tinggi terkemuka selain HIT, seperti Beijing Institute  Technology, Nanjing University Aeronautics Astronautics dan lainnya.

Dia menjelaskan dalam kesempatan pameran di Surabayapihaknya sempat meresmikan cabang BLCI Surabaya , yakni di Jalan Praban.

Kini, seusai PPT ke-19Samuel dan stafnya masih membuka penerimaan pendaftaran siswa-siswa Indonesiayang akan berkuliah di berbagai perguruan tinggi di Tiongkok.

Karena daripameran yang diadakan di Jakarta dan Surabaya, ratusan pelajar telah mendaftaruntuk dapat berkuliah di universitas-universitas pilihannya dan ternyata masihbanyak yang mendaftar setelah itu.  

Oleh sebab itu BLCIrencananya menggelar Seminar di Hotel Horison di Semarang pada 7 Desember 2014mendatang, untuk memberikan kesempatan bagi pelajar yang belum sempatmenghadiri PPT 19 dan dapat langsung mendaftar di beberapa perguruan tinggiTiongkok terkemuka serta perguruan tinggi laiinya yang memberikan gelar dariuniversitas Amerika/Inggris/Australia walaupun belajar seluruhnya di China.

Pengantar Bahasa Inggris

HIT yang berdiri sejak 1920 dan  tergabung dalam universitas elite union C9 Tiongkok, seperti IvyLeague di Amerika, merupakan satu-satunya universitas Tiongkok  dalam urutan 10 tersebut yang menawarkan kelas dengan bidang studi pengantar bahasaInggris terbanyak mulai dari jenjang Sarjana S1 hingga Pascasarjana S3.

Jenjang sarjana S1bidang studi unggulan HIT yang menggunakan pengantar Inggris adalah TeknikSipil (Civil Engineering), Teknik Kimia (Chemical Engineering)
 dan AdminsitrasiBisnis (Business Administration).

“Maka, calon mahasiswa Indonesia yang belum menguasai bahasa Tionghoa namun menguasai bahasa Inggrisdapat langsung kuliah di HIT yang merupakan  universitas kelas duniatersebut tanpa harus belajar bahasa Tionghoa terlebih dahulu,”jelas Samuel.

Bahkan, bagi mahasiswa Indonesia dapat belajar bahasa Tionghoa di HIT tempat dimana mayoritasmahasiswa asing dari Rusia dan Korea Selatan belajar bahasa Tionghoa. Denganjumlah siswa dari Indonesia tidak terlalu banyak maka HIT memberikan lingkunganyang mendukung untuk belajar bahasa Tionghoa,  Kota Harbin sendiriadalah ibukota provinsi Heilongjiang.

“Penduduk di Harbin  berbicara bahasa Tionghoa hampir tanpa bahasa daerah seperti halnya di kota Beijing,Shenyang, dan Changchun,”jelasnya.

Pelajar Indonesia yangberminat belajar di universitas kelas dunia Tiongkok seperti HIT, BeijingInstitute Technology, Nanjing University Aeronautics Astronautics atau gelar dari universitas Amerika/Inggris/Australia di Tiongkok dan laiinya dapatmendaftar melalui kantor BLCI baik di Mangga Dua Square, Jakarta dan di JalanPraban, Surabaya yang merupakan perwakilan resmi lebih dari 100 universitasTiongkok di Indonesia.

“Kami membantu mahasiswa Indonesia mulai daripendaftaran, pengurusan dokumen, keberangkatan, pengantaran dan pendampinganpertama kali tiba di kampus Tiongkok,”jelas Samuel.

Daftar 10 Global Universities for Engineering menurut  US News & Worldreport:  

1. Massachusetts Institute of Technology, USA

2. Tsinghua University, China

3. University of California--Berkeley, USA

4. Stanford University, USA

5. Nanyang Technological University, Singapore

6. Georgia Institute of Technology, USA

7. National University of Singapore, Singapore

8.  Zhejiang University, China

9. Hong Kong Polytechnic  University, Hong Kong, China

10.   Harbin Institute of Technology, China

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper