Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ormas Diajak Selamatkan Lingkungan

Pemerintah mengajak organisasi masyarakat (ormas) untuk berpartner dan berkolaborasi dalam menyelamatkan sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, dan daerah aliran sungai (DAS) nusantara.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, MALANG—Pemerintah mengajak organisasi masyarakat (ormas) untuk berpartner dan berkolaborasi dalam  menyelamatkan sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, dan daerah aliran sungai (DAS) nusantara.

Penegasan itu disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam menyampaikan Pertemuan Antar Organisasi Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (24/11/2014).

“Gerakan organisasi masyarakat merupakan modal sosial yang akan menjadi partner pemerintah, dan akan berkolaborasi dengan pemerintah dalam upaya penyelamatan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, serta Daerah Aliran Sungai Nusantara,” kata Menteri dalam rilisnya, Rabu (26/11/2014).

Dia juga menegaskan bahwa penegakan hukum lingkungan akan menjadi prioritas penanganan, baik pada aktor intelektual maupun masyarakat.

Pada pertemuan ini akan disusun sinergitas program para organisasi-organisasi masyarakat ini dalam isu terkait penurunan tingkat kerusakan dan pencemaran lingkungan, penguatan kepedulian dan kemandirian dan pengawasan sosial.

Tema  pertemuan tersebut, yakni lah “Perkuat efektifitas Peran Organisasi Kemasyarakatan menuju Lingkungan Hidup yang Adil dan Lestari”.

Inisiatif yang lahir dan berkembang secara mandiri dari organisasi masyarakat ini perlu diperkuat efektifitasnya supaya dapat menjadi kekuatan yang signifikan dalam menjaga, melindungi dan mengelola SDA dan lingkungan hidup.

Salah satu caranya adalah dengan membangun kerjasama yang sinergik antar kalangan mereka sendiri maupun dengan pemerintah yang memiliki kepedulian yang sama dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Potensi LSM, lanjut Menteri, merupakan salah satu modal sosial yang akan menjadi pengawas, penyeimbang, dan membantu pemerintah dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

Saat ini, peran dan gerakan penyelamatan lingkungan hidup dan kehutanan yang dilakukan LSM belumlah sinergi, mulai dari inisiatif rakyat, organisasi massa, organisasi peduli lingkungan, organisasi pemuda, organisasi perempuan dan organisasi rakyat.

Oleh karena itu LSM perlu diberikan informasi tentang kondisi lingkungan hidup saat ini, termasuk kebijakan dan program yang telah dilaksanakan pemerintah, agar posisi dan peran LSM menjadi lebih kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper