Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Universitas Ciputra Bantu Kembangkan Pariwisata Kab. Malang

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Malang, Jawa Timur, menggandeng Universitas Ciputra Surabaya untuk mengembangkan pariwisata dan usaha kecil di wilayahnya.

Bisnis.com, MALANG - Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Malang, Jawa Timur, menggandeng Universitas Ciputra Surabaya untuk mengembangkan pariwisata dan usaha kecil di wilayahnya.

Ketua BPPD Kabupaten Malang, David Santoso, mengatakan dengan melibatkan kalangan perguruan tinggi, potensi pariwisata dan usaha kecil di kabupaten Malang diharapkan bisa tergali secara optimal.

“Pariwisata adalah industri multisektor dan tidak bisa berdiri sendiri, sehingga dalam pengembangannya kami membutuhkan peran serta perguruan tinggi utamanya di bidang kajian dan implementasi keilmuan yang mereka miliki,” kata David, Minggu (16/11/2014).

Universitas Ciputra sengaja dipilih karena merupakan kampus terapan di bidang kewirausahaan. Harapannya, tidak hanya di bidang pariwisata saja yang dikembangkan tetapi juga usaha kecil masyarakat.

Besarnya potensi pariwisata dan usaha kecil tersebut diharapkan bisa ditangkap mahasiswa untuk dikembangkan lebih lanjut baik dari sisi akademik maupun sebagai peluang investasi.

“Kami melihat jaringan yang dimiliki mahasiswa Ciputra cukup tinggi dan berpoteni besar untuk digarap lebih lanjut. Bahkan mereka juga berpeluang besar menjadi investor maupun menggandeng investor. Dengan begitu sektor pariwisata dan usaha kecil bisa dikembangkan bersama-sama,” jelasnya.

Peluang di bidang pariwisata dan usaha kecil yang dimiliki kabupaten Malang lebih besar dibandingkan dengan kota lainnya yang dinilai sudah sesak.

Kabupaten Malang misalnya memiliki usaha pembuatan di bidang keris, sehingga jika bisa diangkat tentunya akan menjadi sektor usaha yang mendukung pariwisata. 

“Jika mendorong peluang di kota sudah sesak. Sementara secara geografis kabupaten Malang dekat dengan Surabaya dan sudah memiliki bandar udara sendiri sehingga punya peluang yang besar di bidang pengembangan pariwisata dan usaha kecil,” ujarnya.

Koordinator Mata Kuliah Real Business Solution (RBS) Universitas Ciputra, J.E. Sutanto, mengatakan pada tahap awal pihaknya sudah menerjunkan puluhan mahasiswa pascasarjana yang menempuh mata kuliah RBS.

“Mahasiswa sudah kami ajak untuk melihat sejumlah potensi di bidang pariwisata dan usaha kecil yang ada di Singosari kabupaten Malang mulai dari candi Sumberawan, usaha batik tulis, usaha pembuatan keris, maupun pengembangan perumahan di Singhasari Residence,” tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper