Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KRISIS SURIAH: Kurdi Irak Mulai Ikut Bertempur Hadapi ISIS

Pejuang Kurdi Irak bergabung dengan kelompok Kurdi lainnya yang didukung AS memerangi kelompok milisi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Kobani dengan harapan dapat mencegah milisi itu menguasai kota perbatasan Suriah tersebut.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Pejuang Kurdi Irak bergabung dengan kelompok Kurdi lainnya yang didukung AS memerangi kelompok milisi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Kobani dengan harapan dapat mencegah milisi itu menguasai kota perbatasan Suriah tersebut.

Lembaga swadaya masyarakat The Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) menyatakan pertempuran sengit pecah dan banyak korban di kedua pihak. Sedangkan militer AS melancarkan lebih banyak serangan udara terhadap basis ISIS pada akhir pekan lalu.

Idriss Nassan, wakil menteri urusan luar negeri di wilayah  Kobani, mengatakan kelompok Kurdi Irak yang menggunakan artileri jarak jauh telah bergabung pada malam Minggu untuk menghadapi ISIS. Saat ini, ISIS menguasai sebagian wilayah Suriah dan Irak sebagai upaya mereka mengubah peta Timur Tengah.

"Pasukan Kurdi ikut bertempur kemarin dan telah membuat perbedaan yang mencolok dengan artileri jarak jauh mereka,” ujarnya sebagaimana dikutip Reuters, Senin (3/11/2014). 

Namun demikian, Nassan tidak memerinci sejauh mana kemajuan yang telah dicapai dengan bergabungnya pasukan yang dikenal dengan pasukan Peshmerga tersebut.

"Kami tidak memiliki artileri, kami hanya menggunakan mortir dan senjata buatan lokal lainnya sehingga bantuan tersebut merupakan sebuah kemajuan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper