Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fitch Angkat Peringkat Kredit Vietnam

Lembaga peringkat kredit multinasional berbasis di New York, Fitch Ratings menaikkan level kredit Vietnam tiga tingkat, dilatarbelakangi oleh stabilitas makroekonomi negara tersebut yang kian membaik.

Bisnis.com, HANOI – Lembaga peringkat kredit multinasional berbasis di New York, Fitch Ratings menaikkan level kredit Vietnam tiga tingkat, dilatarbelakangi oleh stabilitas makroekonomi negara tersebut yang kian membaik.

Fitch menaikkan utang mata uang lokal dan asing Vietnam menjadi BB- dari sebelumnya B+ dan meningkatkan proyeksi dari stabil menjadi positif. Sebelumnya, Standard & Poor’s dan Moody’s Investors Service juga menaikkan peringkat utang Vietnam.

“Kebijakan makroekonomi Vietnam telah menunjukkan kestabilan. Stabilisasi ekonomi makro berkontribusi mempersempit current account Vietnam dari 3,7% pada 2010 menjadi surplus 4,1% pada 2014, itu proyeksi kami,” ungkap laporan yang dirilis Fitch, Senin (3/11).

Perekonomian Vietnam tumbuh total 5,62% dalam sembilan bulan pertama tahun ini dari periode sama tahun sebelumnya. Sepanjang tahun ini, pemerintah telah dua kali memangkas suku bunga, demi mencapai terget pertumbuhan 5,8%. Adapun, tahun depan Vietnam menargetkan ekspasi 6,2%

Kebijakan suku bunga pun memberi dampak sesuai harapan, ditunjukkan dengan meredanya inflasi Oktober ke level 3,23% (yoy), terendah sepanjang tahun ini.

Analis bank for Investment & Development of Vietnam, Doc Ngoc Quynh menyampaikan bahwa naiknya peringkat kredit Vietnam akan mendorong kepercayaan investor, terutama investor asing untuk datang ke negara tersebut.

“Kenaikan rating ini juga akan memperkuat pasar lokal,” kata Ngoc merespons laporan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper