Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TARIK WISATA, Pekanbaru Tata Kota Tua

Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mulai menata kota-kota tua di wilayah setempat agar memiliki daya tarik wisata, dengan membangun ruang bagi pejalan kaki.
Para wisatawan, baik lokal maupun nasional, bisa berbelanja aneka kuliner dan cenderamata Pekanbaru. /pekanbaru.go.id
Para wisatawan, baik lokal maupun nasional, bisa berbelanja aneka kuliner dan cenderamata Pekanbaru. /pekanbaru.go.id

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mulai menata kota-kota tua di wilayah setempat agar memiliki daya tarik wisata. Salah satunya dengan membangun ruang bagi pejalan kaki.

"Kami sudah rancang dalam 2 tahun anggaran 2014-2015 melalui Dinas Pekerjaan Umum, perombakan pada daerah milik jalan (DMJ) di depan pertokoan tua ini," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus di Pekanbaru, Jumat (31/10/2014).

Menurut dia, bentuk pertokoan yang bangunannya sudah lama itu, mulai terlihat kumuh dan tidak rapi. Untuk itu, butuh sedikit upaya untuk menyulap ruko tua di sepanjang jalan menjadi terlihat menarik dan klasik.

Pihaknya telah mulai membangun fasilitas parkir yang rapi, daerah khusus pejalan kaki, tempat duduk, dan taman kecil tahun ini.

"Jadi kita ingin membuat suasana bangunan kota tua menjadi nyaman dan menarik siapa saja untuk berbelanja," kata Firdaus yang rumah dinasnya persis di kawasan kota tua tersebut.

Dia mengatakan program itu juga sebagai salah satu upaya pemda dalam meningkatkan pendapatan para pengusaha di sepanjang kota tua.

Dia mengharapkan program itu juga berimbas kepada peningkatan pendapatan asli daerah, baik di sektor pajak maupun wisata belanja.

Dia menjelaskan jalur kota tua di Pekanbaru, saat ini merupakan satu kesatuan rute pusat perbelanjaan hingga ke pasar bawah yang di kenal menjadi pusat oleh-oleh.

"Tahap pertama tahun ini kita sudah mulai perbaiki Jalan A. Yani, Cokro Aminoto, tembus ke Sudirman panjangnya 1,5 kilometer," kata dia.

Selanjutnya, katanya, di lakukan pada 2015 dengan memperbaiki ruas Jalan Agus Salim, Imam Bonjol, Jalan Kopi, terus ke Sudirman. "Selain perbaikan pendestrian, kita juga memperbaiki drainase yang ada untuk memperlancar jalur air," kata dia.

Dia mengatakan perbaikan itu merupakan rangkaian penciptaan kawasan kota tua yang produktif dan bernilai ekonomis, baik siang maupun malam.

Dia mengatakan di kawasan itu nantinya para wisatawan, baik lokal maupun nasional, bisa berbelanja aneka kuliner dan cenderamata Pekanbaru. "Kami akan menyulap salah satu bagian kota tua, yakni di Jalan Agus Salim menjadi Malioboro-nya' Pekanbaru," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper