Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABINET JOKOWI-JK: Ini 4 Pernyataan PBHMI

Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam menyerukan empat pernyataan untuk menyikapi Kabinet Kerja Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla yang terbentuk.
Kabinet Kerja Jokowi-JK belum berubah dari pemerintahan sebelumnya. /Bisnis.com
Kabinet Kerja Jokowi-JK belum berubah dari pemerintahan sebelumnya. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam menyerukan empat pernyataan untuk menyikapi Kabinet Kerja Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla yang terbentuk.

"Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah melantik kabinetnya. Kabinet yang dinamakan Kabinet Kerja akan memulai kerjanya hingga 5 tahun ke depan. Menyikapi hal ini PB HMI menyatakan empat sikap," kata Ketua Komisi Bidang Politik PB HMI Arfianto Purbolaksono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Pertama, PB HMI mengapresiasi Presiden Jokowi dan Wapres JK dalam melakukan seleksi menteri yaitu dengan meminta masukan KPK dan PPATK terkait rekam jejak para calon menterinya.

Hal itu, menurut dia, diperlukan lantaran kabinet haruslah diisi oleh orang-orang yang memiliki rekam jejak bersih, memiliki kredibilitas, serta memiliki keberanian untuk membenahi birokrasi yang telah digerogoti oleh budaya korupsi.

Kedua, PB HMI menilai formasi Kabinet Kerja belum mencerminkan janji politik Presiden Jokowi dan Wakil Presiden JK untuk merampingkan kabinetnya.

Dia mengatakan ke-34 pos menteri yang diumumkan Jokowi-JK tidak berubah, yang ditandai dengan jumlah menteri sama seperti dalam kabinet mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Artinya perampingan yang dijanjikan belum dapat dilaksanakan oleh Jokowi-JK," ujar dia.

Ketiga, PB HMI memandang kabinet masih dipenuhi kepentingan parpol dan intervensi dari petinggi parpol. Koalisi tanpa syarat yang didengungkan oleh pasangan Jokowi-JK disebut tidak terbukti.

"Terdapat 15 kursi kabinet yang dijatahkan kepada kalangan parpol pendukung yang menggambarkan kabinet ini belum berubah dari pemerintahan sebelumnya, karena masih dipenuhi oleh kepentingan dan intervensi petinggi parpol," kata dia.

Keempat, PB HMI mengingatkan Pemerintahan Jokowi-JK agar benar-benar memanfaatkan dukungan dan kepercayaan rakyat dengan berupaya mewujudkan janji-janji politiknya selama masa kampanye yang lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper