Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KOMINFO: 146 Pemuda Akan Belajar Media ke Jepang, Siapa Mau?

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) pada 2015 akan mengirim 146 pemuda dan pemudi Indonesia untuk belajar mengenai media di Jepang.
Selain itu, para mahasiswa ini juga diajak berinteraksi langsung dengan warga Jepang melalui kegiatan home stay. /Ilustrasi
Selain itu, para mahasiswa ini juga diajak berinteraksi langsung dengan warga Jepang melalui kegiatan home stay. /Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) pada 2015 akan mengirim 146 pemuda dan pemudi Indonesia untuk belajar mengenai media di Jepang.

Henny Prastiwi, Kepala Seksi Layanan Informasi Perwakilan Negara Asing dan Lembaga Internasional, Direktorat Layanan Informasi Internasional, Kemkominfo, mengatakan ada dua angkatan yang dikirim, yaitu dari tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan tingkat mahasiswa.

"Kuota masing-masing angkatan sebanyak 50 orang untuk SMA dan 96 orang untuk mahasiswa," katanya di Jakarta di Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Menurut Henny, ratusan pemuda dan pemudi Indonesia ini dikirim melalui program yang diberi nama Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youth (Jenesys) atau jaringan pertukaran untuk mahasiswa dan pemuda Jepang-Asia Timur.

"Jenesys merupakan bagian dari upaya revitalisasi ekonomi Jepang, meningkatkan jumlah pengunjung ke sana, dan pada saat yang sama, mempromosikan pemahaman terhadap nilai-nilai Jepang kepada para mahasiswa dan pemuda dari wilayah Asia atau Oseania," kata Henny yang juga Ketua Delegasi Jenesys dan Supervisor Indonesia.

Dia menjelaskan tujuan Jenesys di antaranya memperkuat proses internasionalisasi beberapa daerah di Jepang dengan menekankan pemuda sebagai sumber daya manusia, serta meletakkan dasar bagi ikatan masa depan antara para pemuda dari negara Asia dan Oseania dengan Jepang berdasarkan sikap saling pengertian dan persahabatan.

Sedangkan untuk Kemkominfo lebih difokuskan kepada media dan jurnalistik sehingga perekrutan para pesertanya kebanyakan mahasiswa jurusan komunikasi, teknologi informasi (TI) dan pelajar yang senang menggunakan sosial media sosial seperti blog.

"Hasil presentasi yang baik dari kunjungan 95 mahasiswa Indonesia pada Oktober ini membuat Jepang meminta Kemkominfo kembali mengirimkan pemuda dan pemudinya tahun depan," katanya lagi.

Dia menambahkan, para mahasiswa yang kembali dari Jepang diharapkan dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama di sana dan membagikannya kepada orang lain.

Sebelumnya, Kemkominfo mengirimkan 95 mahasiswa Indonesia ke Jepang. Di sana, para mahasiswa tersebut diberi pengetahuan mengenai kondisi dunia jurnalistik dan perusahaan media terbesar serta tertua.

Selain itu, para mahasiswa ini juga diajak berinteraksi langsung dengan warga Jepang melalui kegiatan home stay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper