Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KMP Kuasai Parlemen, Pemakzulan Jokowi Dimungkinkan

Pengamat sosial dan politik menilai pemakzulan atau penjegalan presiden terpilih Jokowi dimungkinkan setelah adanya kemenangan kubu Koalisi Merah Putih dalam pemilihan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
Gubernur DKI Joko Widodo/Bisnis.com
Gubernur DKI Joko Widodo/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Pengamat sosial dan politik menilai pemakzulan atau penjegalan presiden terpilih Jokowi dimungkinkan setelah adanya kemenangan kubu Koalisi Merah Putih dalam pemilihan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menilai dengan dikuasainya pimpinan DPR dan MPR oleh Koalisi Merah Putih (KMP), maka dipastikan ruang gerak pemerintahan presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla ke depan akan dipersempit.

"Mereka [KMP] berkuasa di parlemen untuk menyempitkan peran eksekutif. Sehingga nantinya pemerintahan Jokowi tidak dapat bekerja dengan baik," ujarnya di gedung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Lebih lanjut, Ray menyatakan, upaya pelengseran Jokowi dan Jusuf Kalla ke depan dapat saja bisa terjadi, karena KMP telah menguasai semua infrastruktur parlemen. Apalagi, dalam sejarah pemerintahan presiden sebelumnya, hal ini sempat terjadi.

"Pasti nanti akan dicari-cari kesalahannya, dengan mencari faktor inkonstitusional atau dijatuhkan karena faktor politik, seperti presiden sebelumnya Soeharto, Gusdur," jelasnya.

Menurutnya, pemakzulan dari sisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bisa juga terjadi. Namun, mengenai penjegalan Jokowi dan Jusuf Kalla di tengah jalan, lanjutnya, tidak dalam setahun ke depan ini. Hal itu karena pemerintahan ke depan masih menggunakan APBN yang telah dirancang oleh pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Giras Pasopati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper