Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Afsel Tetapkan Gubernur Baru Bank Sentral

Presiden Afrika Selatan menunjuk Lesetja Kganyago sebagai gubernur baru bank sentral, setelah sebelumnya ia menjabat sebagai wakil bekas gubernur Gill Marcus.

Bisnis.com, JOHANNESBURG – Presiden Afrika Selatan menunjuk Lesetja Kganyago sebagai gubernur baru bank sentral, setelah sebelumnya ia menjabat sebagai wakil bekas gubernur Gill Marcus.

Zuma memutuskan untuk menyegarkan keputusan-keputusan bank sentral dengan tidak memperpanjang masa jabatan 5 tahun Marcus. Adapun Kganyago telah 7 tahun bergabung bersama bank sentral dan berkoordinasi baik dengan Menteri Keuangan Nhlanhla Nene.

“Saya sebelumnya sudah menduga dan saya tidak akan mengecewakan Zuma,” ungkap Kganyago di Johannesburg, Senin (6/10). Ia pun berperan penting dalam menyusun bujet negara Afsel, mengatur pinjaman pemerintah, dan mengawasi kebijakan fiskal.

Ekonom Nedbank Group Ltd Dennis Dykes mengapresiasi langkah Zuma dan menyampaikan bahwa Kganyago merupakan pilihan yang tepat.

“Kganyago telah lama mengabdi pada World Bank dan ia berkualitas untuk jabatan tersebut. Pengalamannya pada pasar finansial amat baik dan kemampuan politiknya pun bagus,” ungkap Dykes.

Adapun, Kganyago memikul tugas berat untuk menjaga nilai tukar mata uang Afsel rand dan tingkat suku bunga untuk menjaga keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan stabilitas harga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper