Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Israel Tembak Jatuh Pesawat Tempur Sukhoi Milik Suriah

Israel menembak jatuh satu pesawat tempur Suriah setelah dilaporkan terbang di wilayah udara Dataran Tinggi Golan. Kejadian itu merupakan insiden pertama dalam 30 tahun terakhir sekaligus yang pertama sejak perang saudara Suriah.
Sukhoi /reuters
Sukhoi /reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Israel menembak jatuh satu pesawat tempur Suriah setelah dilaporkan terbang di wilayah udara Dataran Tinggi Golan. Kejadian itu merupakan insiden pertama dalam 30 tahun terakhir sekaligus yang pertama sejak perang saudara Suriah.

Pesawat tempur Sukhoi tersebut ditembak jatuh oleh rudal Patriot buatan AS oleh personil militer Israel. Namun, pilot pesawat berhasil menyelamatkan diri ke wilayah perbatasan Golan, menurut angkatan bersenjata Israel sebagaimana dikutip Bloomberg, Rabu (24/9/2014).

Serangan itu muncul setelah AS memulai serangan pertama terhadap kelompok milisi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di wilayah Suriah. AS dan sejumlah negara sekutunya bertekad menghabisi milisi yang telah menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah tersebut.

“Meski insiden ini menunjukkan meningkatnya ketegangan di perbatasan Suriah sejak perang sipil, saya kira hal itu tidak akan memicu eskalasi ketegangan,” ujar Shlomo Brom, seorang pensiunan jenderal dan peneliti senior pada Institute for National Security Studies Universutas Tel Aviv.

Dataran Tinggi Golan merupakan wilayah strategis milik Suriah yang direbut oleh Israel pada 1967 atas bantuan sejumlah negara Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper