Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TBS Riau Terus Melorot, Terbawa CPO

Terus melorotnya harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) di bursa Malaysia, menyeret harga tandan buah segar atau TBS kelapa sawit Riau anjlok menyentuh level terendahnya.
Tandan buah segar/Bisnis
Tandan buah segar/Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU—Terus melorotnya harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) di bursa Malaysia, menyeret harga tandan buah segar atau TBS kelapa sawit Riau anjlok menyentuh level terendahnya.

Zulher, Kepala Dinas Perkebunan Riau, mengatakan harga CPO menyentuh level terendahnya dalam lima tahun terakhir. Hal tersebut berdampak pada terus melorotnya harga TBS kelapa sawit Riau, karena minimnya permintaan.

“Perdagangan CPO untuk kontrak September 2014 di bursa Malaysia hari ini dibuka pada level RM1.930 per ton. Padahal, akhir pekan lalu harga CPO sempat naik menjadi RM1.937 per ton,” katanya di Pekanbaru, Selasa (2/9/2014).

Zulher menuturkan pada perdagangan 2 September 2014, harga CPO di bursa Malaysia hanya mampu bergerak tipis pada level RM1.930-RM1.947 per ton. Apalagi, stok kedelai yang dapat digunakan sebagai pengganti CPO mencapai rekor tertinggi sepanjang tahun ini, sehingga membatasi permintaan global.

Menurutnya, tim penetapan harga pembelian TBS Riau tidak dapat berbuat banyak terhadap gejolak yang terjadi saat ini, karena dipengaruhi oleh perkembangan pasar. Dia pun berharap CPO tidak terus mengalami penurunan, agar harga TBS kelapa sawit dapat kembali bangkit.

“Kami berharap harga CPO tidak terus mengalami penurunan, kasihan petani yang hanya menggantungkan ekonomi keluarganya dari hasil perkebunan sawit,” ucapnya

Harga kelapa sawit dengan usia 10 tahun pada periode 3-9 September 2014 ditetapkan Rp1.486,23 per kilogram, dari yang sebelumnya Rp1.554,99 per kilogram. Kelapa sawit dengan usia tiga tahun menjadi Rp1.063,19 dari yang sebelumnya Rp1.112,58 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper