Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPLH Pecahkan Rekor MURI Pembuatan Lubang Resapan Biopori

Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Ekoregion Jawa mengadakan Gerakan Aksi Untuk Lingkungan (GAUL) dengan membuat 15.000 Lubang Resapan Biopori (LRB) oleh 15.000 orang.nn
LRB dapat menjadi sarana dan prasarana mengolah sampah organik menjadi kompos. /Bisnis.com
LRB dapat menjadi sarana dan prasarana mengolah sampah organik menjadi kompos. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Ekoregion Jawa mengadakan Gerakan Aksi Untuk Lingkungan (GAUL) dengan membuat 15.000 Lubang Resapan Biopori (LRB) oleh 15.000 orang.

Kegiatan yang dilakukan secara tersebar di 600 RT (Rukun Tetangga) di Kota Probolinggo, Jawa Timur, itu rencananya akan dicatatkan sebagai rekor MURI dalam kategori pembuatan LRB terbanyak.

Sebelumnya, pada tahun lalu di tempat yang sama GAUL melakukan pembuatan kerajinan dari bahan daur ulang oleh 1.141 orang dan tercatat sebagai Rekor Museum Rekor Indoneisa (MURI) No.6063/R.MURI/VII/2013.

"Aksi ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan perubahan perilaku masyarakat, kata Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Senin (11/8/2014).

Dia menjabarkan, LRB tidak hanya berdampak bagi lingkungan karena dapat mengurangi timbulan sampah dan efek gas rumah kaca, namun juga sekaligus dapat meningkatkan ketahanan lingkungan dari dampak perubahan iklim.

Acara ini sendiri termasuk dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014 dengan tema Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim.

Tema tersebut diambil seiring dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup PBB, United Nations Environment Programme  (UNEP), yaitu Raise Your Voice, Not the Sea Level.

"Tema ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran atas pentingnya bersama-sama dan bersinergi untuk melindungi dan mempertahankan keseimbangan ekosistem pesisir dari ancaman perubahan iklim dengan mewujudkan ketahanan lingkungan," lanjut Balthasar.

LRB merupakan contoh sederhana yang baik, mudah dan murah untuk diterapkan di masyarakat. Selain untuk melakukan konservasi sumberdaya air hujan, LRB dapat menjadi sarana dan prasarana mengolah sampah organik menjadi kompos.

Pada kesempatan itu, Menteri Lingkungan Hidup meninjau pameran produk daur ulang di lokasi acara bersama Gubernur Jawa Timur dan Walikota Probolinggo dan menyaksikan penyerahan sertifikat rekor MURI untuk Kategori Pemrakarsa dan Kategori Penyelenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper