Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGUMUMAN UN: 198 Siswa SLTA di Riau Tak Lulus

Dinas Pendidikan Riau menyatakan sebanyak 198 siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTA) di wilayah itu dinyatakan tidak lulus ujian nasional.
Siswa menangis histeris ketika dirinya diketahui tidak lulus yang diumumkan melalui siaran radio , Selasa (20/5).  /antara
Siswa menangis histeris ketika dirinya diketahui tidak lulus yang diumumkan melalui siaran radio , Selasa (20/5). /antara

Bisnis.com, PEKANBARU - Dinas Pendidikan Riau menyatakan sebanyak 198 siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTA) di wilayah itu dinyatakan tidak lulus ujian nasional.

Dari 53.046 siswa SMA/MA/SMK di Riau yang mengikuti Ujian Nasional (UN) 2014, sebanyak 198 orang dinyatakan tak lulus dengan rincian sebanyak 174 siswa tingkat SMA/MA dan 24 siswa tingkat SMK.

"Meski masih ada siswa kita yang tak lulus, namun kita pastikan persentase kelulusan UN di Riau lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya," ujar Kepala Dinas Pendidikan Riau Dwi Agus Sumarno di Pekanbaru, Selasa (20/5/2014).

Sementara untuk peserta yang menggunakan jalur paket C, katanya, dinyatakan tidak lulus pada tahun ini sebanyak 178 orang dari total tercatat sebanyak 3.381 orang siswa.

Menurut dia, jika dilihat dari jumlah peserta UN SMA/MA yang lulus tahun ini mencapai 99,66 %, yang berarti terjadi kenaikan dari tahun lalu yaitu hanya sebesar 99,59 %.

Tahun 2013 jumlah siswa yang dinyatakan tidak lulus sebanyak 174 orang pelajar SMA/MA yang meliputi 30 orang jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan 144 orang jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Untuk tingkat SMK, persentase kelulusan cenderung menurun dibanding tahun 2013. Di mana tahun lalu tingkat kelulusan mencapai 99,95 %, sedangkan kali ini turun menjadi 99,89 %.

"Berarti ada selisih 0,11 % peserta yang tak lulus. Dari segi jumlah yang tak lulus di SMK ada 24 orang. Untuk tingkat kelulusan paket C tahun lalu sebesar 95 %," ucapnya.

Sehari sebelumnya, pihaknya mengatakan tingkat kelulusan UN Sekolah Menengah Atas/sederajat di berbagai kabupaten/kota di Riau dikalkulasikan mencapai 99,66 %, kata pejabat Dinas Pendidikan setempat.

Ke depan yang perlu ditingkatkan adalah bagaimana merangkum guru Bimbingan Konseling (BK) karena BK sangat mempengaruhi dalam hasil kelulusan pelajar baik siswa maupun siswi di Riau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper