Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Jateng Bangun Pusat Pelatihan SDM UMKM

Ketua Kadin Jawa Tengah Kukrit Suryo Wicaksono menyatakan kesiapan mendukung peningkatan kapasitas SDM pelaku UMKM dengan rencana membangun Central Java Learning Centre tahun ini.

Bisnis.com, SEMARANG— Ketua Kadin Jawa Tengah Kukrit Suryo Wicaksono menyatakan kesiapan mendukung peningkatan kapasitas SDM pelaku UMKM dengan rencana membangun Central Java Learning Centre tahun ini.

Menurutnya, kualitas pelaku usaha dan pekerjanya perlu ditingkatkan untuk memperkuat usaha melalui penciptaan produk yang berkualitas dengan standar yang memenuhi pasar.

"Central Java Learning Centre sebagai langkah untuk membuat kualitas SDM UKM lebih berkualitas, tidak hanya sebagai player tetapi berpotensi pemenang di pasar," ujarnya, Rabu (2/4/2014).

Dia menuturkan Jateng sebagai gudang UMKM telah memiliki produk yang inovatif, kreatif dan siap bersaing di pasar lebih luas. Selain kendala SDM, permasalaha lainnya masih kesulitan dalam pemasaran.

"Ketentuan persentase yang tinggi pada produk lokal untuk dipasarkan di toko modern merupakan angin segar untuk mengupas potensi UMKM," ujarnya.

Ketentuan yang dimaksud yakni Permendag Nomor 70/2013 yang menetapkan kewajiban penjualan 80% produk lokal dan 20% barang impor di pasar modern.

Dalam peningkatan kualitas produk dan kapasitasnya, dukungan Kadin setidaknya telah dilakukan melalui pendampingan kelompok usaha secara rutin dengan berbagai tema seperti pelatihan kemasan, higenitas produk makanan olahan, langkah ekspor produk, hingga membantu membuka jaringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper