Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Relawan Kampanyekan Hemat Air Lewat Permainan Ular Tangga

Menyambut Hari Air Sedunia 2014, puluhan relawan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) yang terdiri dari mahasiswa FKM Universitas Indonesia, Sahabat Indonesia Berbagi, dan aktivis sosial lainnya memberikan edukasi kepada masyarakat.
  Kampanye hari air sedunia. /
Kampanye hari air sedunia. /

Bisnis.com, JAKARTA – Menyambut Hari Air Sedunia 2014, puluhan relawan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) yang terdiri dari mahasiswa FKM Universitas Indonesia, Sahabat Indonesia Berbagi, dan aktivis sosial lainnya memberikan edukasi kepada masyarakat.

Edukasi kepada masyarakat dengan tema Co Creation Hari Air Dunia (#SaveWater). Ini, dilakukan serentak di sepuluh wilayah binaan PKPU yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Aceh, Medan, Yogyakarta, dan Makassar.

Ira Wardani, Project Officer Co Creation Hari Air Dunia PKPU, mengatakan edukasi ini  merupakan bentuk nyata dalam upaya menjaga kelestarian air, sekaligus memperingati hari air dunia yang jatuh setiap 22 Maret.

Relawan PKPU yang disebut Pahlawan Save Water, mendatangi,  mengetuk pintu rumah warga untuk membangun kesadaran akan pentingnya menghemat air, dan mengajak masyarakat untuk bijak dalam menggunakan air.

Selain memberikan penyuluhan, Pahlawan Save Water juga mengajak anak-anak untuk bermain ular tangga hemat air. “Permainan ini merupakan cara efektif dalam memberikan pemahaman kepada anak-anak,” kata Ira dalam rilisnya Minggu (23/3/2014).

Dia menuturkan anak-anak dapat bermain sekaligus belajar, sehingga mereka antusias dan senang mengikuti rangkaian acara Co Creation Hari Air Dunia. 
menurut dia, edukasi kepada masyarakat merupakan langkah awal PKPU dalam menjaga kelestarian air.

“Kedepan kami mengajak semua elemen menyadari pentingnya air bagi kehidupan manusia, serta berpartisipasi aktif dalam membantu masyarakat yang membutuhkan akes air bersih dan sanitasi layak di Indonesia,” ungkap Ira.

Air merupakan sumber daya yang sangat  diperlukan bagi kehidupan manusia, baik untuk minum, maupun untuk keperluan sehari-hari seperti mencuci, mandi, memasak dan lain-lain.

Ira menjelaskan kebutuhan air terus meningkat, sementara ketersediaannya terbatas. Selain itu untuk menjaga kelestariannya perlu diadakan upaya-upaya konkrit dalam menjaga lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper