Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Butuh Calon Wapres yang Realistis dan Paham Ekonomi

Ekonom menilai calon presiden Joko Widodo membutuhkan figur calon wakil presiden yang realistis dan menguasai bidang ekonomi untuk mengimbangi pengambilan keputusan kandidat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Bisnis.com, NUSA DUA - Ekonom menilai calon presiden Joko Widodo membutuhkan figur calon wakil presiden yang realistis dan menguasai bidang ekonomi untuk mengimbangi pengambilan keputusan kandidat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Ekonom Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Doddy Ariefianto menilai pria yang akrab dipanggil Jokowi itu belum memiliki rekam jejak terlalu banyak di bidang ekonomi. Dia juga seringkali memiliki konsep populis dan tidak terlalu concern terhadap pembangunan infrastruktur.

Mengamati hal itu, lanjut dia, Jokowi membutuhkan calon wakil presiden dari kalangan profesional yang mampu menangani persoalan strategis ekonomi dan keuangan. Pasalnya, jika sektor keuangan tidak diurus dengan baik, bisa menimbulkan risiko yang besar.

Calon wapres pendamping Jokowi juga perlu memahami dan memiliki perhatian yang besar terhadap perkembangan infrastruktur dan mengatasi kondisi birokrasi nasional.

Selain itu, Jokowi membutuhkan figur wakil presiden yang lebih realistis dan memahami berbagai risiko dalam pengambilan keputusan.

"Jokowi itu orangnya riil tetapi harus diimbangi sektor keuangan sebagai backbond. Dia juga memiliki konsep populis, butuh pendamping yang lebih realistis untuk memberi gambaran risiko apa saja yang akan dihadapi,"katanya, Jumat(14/3/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper