Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Slamet Berstatus Waspada, 21 Pendaki Selamat

Sejak Senin (10/3/2014) malam, status Gunung Slamet yang berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah naik menjadi level III atau Waspada.
 Gunung Slamet
Gunung Slamet

Bisnis.com, JAKARTA – Sejak Senin (10/3/2014) malam, status Gunung Slamet yang berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah naik menjadi level III atau Waspada.

Berdasarkan data yang dirilis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), peningkatan kegempaan yang berasal dari aktivitas Gunung Slamet sudah berlangsung sejak Minggu (2/3/2014). Tercatat sejak Sabtu (8/3) hingga saat ini, telah terjadi 441 gempa embusan dan sembilan kali gempa vulkanik dangkal.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, peningkatan kegempaan itu dirasakan di lima kabupaten di wilayah Gunung Slamet, yakni Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal, dan Purbalingga.

"Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak panik. Masyarakat, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan mendaki dan beraktivitas dalam radius dua kilometer dari kawah Gunung Slamet," ujarnya, seperti dikutip Antara, Selasa (11/3/2014).

Dia menjelaskan peningkatan aktivitas vulkanik terakhir Gunung Slamet terjadi pada Mei dan Juni 2009, yang ditandai dengan keluarnya lava pijar.

/21 Pendaki Gunung Slamet Turun dengan Selamat/

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Purbalingga Priyo Satmoko mengatakan sebanyak 21 pendaki yang melakukan pendakian Gunung Slamet sejak Senin (10/3) pagi, berhasil turun dalam kondisi selamat.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, saat para pendaki itu berada di atas, mereka mendengar suara dentuman. Oleh karena itu, mereka segera kembali turun dengan dibantu teman-teman SAR," katanya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Purbalingga untuk menutup sementara jalur pendakian ke puncak Gunung Slamet melalui Pos Bambangan di Desa Kutabawa.

Saat ini, beberapa gunung berapi di Tanah Air berstatus Waspada, yakni Gunung Slamet, Kelud, Raung, Ibu, Lewotobi Perempuan, Ijen, Gamkonora, Soputan, Sangeangapi, Papandayan, Dieng, Gamalama, Bromo, Semeru, Talang, Anak Krakatau, Marapi, Dukono, dan Kerinci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper