Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anggaran DKI 2014 Naik Jadi Rp69,5 Triliun, Ini Rinciannya

Pemprov DKI mengusulkan anggaran sebesar Rp69,5 triliun dalam Rancangan APBD (RAPBD) 2014 atau meningkat 38,7% dibandingkan APBD-Perubahan 2013 DKI sebesar Rp50,11 triliun.
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo /bisnis.com
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI mengusulkan anggaran sebesar Rp69,5 triliun dalam Rancangan APBD (RAPBD) 2014 atau meningkat 38,7% dibandingkan APBD-Perubahan 2013 DKI sebesar Rp50,11 triliun.

Dari sisi penerimaan, penerimaan DKI berasal dari pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp39,55 triliun, dana perimbangan Rp15,27 triliun, dan pendapatan daerah lain yang sah Rp7,38 triliun.

Selain itu, ada juga penerimaan pembiayaansebesar Rp7,28 triliun yang berasal dari sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) 2013 serta pinjaman Bank Dunia untuk Program Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI).

Gubernur DKI Joko Widodo menyampaikan peningkatan pendapatan ini terutama disebabkan karena adanya perluasan basis pajak. “Perluasan basis pajak ini dilakukan melalui pemanfaatan online system di pembayaran pajaknya,” katanya saat menyampaikan Rancangan APBD 2014 di sidang paripurna DPRD, Selasa (3/12/2013).

Selain meningkatkan pemanfaatan pajak online, peningkatan penerimaan daerah juga berasal dari pajak rokok yang mulai berlaku tahun depan.

Dari sisi pengeluaran, belanja daerah DKI akan digunakan untuk belanja mengikat sebesar Rp13,08 triliun. Kemudian, belanja hibah, belanja bantuan sosial dan bantuan keuangan, serta belanja tidak terduga sebesar Rp1,6 triliun.

Selain itu, ada juga belanja penyelenggaraan urusan pemda sebesar Rp17,16 triliun serta belanja prioritas pencapaian rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) sebesar Rp31 triliun.

Adapun, pembayaran utang pokok dialokasikan sebesar Rp9,39 miliar dan penyertaan modal pemerintah (PMP) untuk BUMD sebesar Rp6,62 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hedwi Prihatmoko
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper