Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Panen Tomat Berlimpah, Ini Tips Petani Desa Sukaratu Tasikmalaya

Siapa bilang bertani hortikultura itu susah? Buktinya, petani asal Tasikmalaya, Jawa Barat berhasil memanen tomat dengan jumlah yang berlimpah, setelah menggunakan benih hibrida
/Antara
/Antara

Bisnis.com, TASIKMALAYA - Siapa bilang bertani hortikultura itu susah? Buktinya, petani asal Tasikmalaya, Jawa Barat berhasil memanen tomat dengan jumlah yang berlimpah, setelah menggunakan benih hibrida. 

"Bertani tomat mudah dan menguntungkan sepanjang rajin memberikan pengobatan dan perawatan secara rutin," ujar Asep Anwar, petani tomat di Desa Sukaratu Tasikmalaya Jawa Barat.   

Untuk perawatan masa tanam tomatnya selama 2 bulan dan harus dijaga setiap harinya karena sebelum masa panen harus dipupuk dan disemprot untuk menjaga tanaman tomat tetap segar.   

Perawatan seperti ini cukup mudah menurut Asep. Dalam 1 tahun dia bisa memetik tomat sebanyak 12-13 kali, satu pohonnya bisa menghasilkan 4 kilogram buah tomat.   

"Untuk benih tomat  Betavila biaya yang dikeluarkan petani hanya 4% dari total biaya produksi, sedangkan benih  Tymoti hanya 5%. Buah yang dihasilkan dalam satu pohon bisa mencapai 9 buah dengan ukuran yang besar, kalau benih yang lain paling banyak 5 buah," kata Asep.   

Asep sudah menggunakan benih tomat hibrida tersebut sejak 3 tahun lalu. Selain tomat,  Asep dan petani sayuran di kelompoknya juga aktif menanam benih sayuran hibrida yang diproduksi PT East West Seed Indonesia (Cap Panah Merah), seperti cabai Pelita F1, caisim Nauli F1, dan kacang panjang Perkasa.   

Penggunaan benih tomat hibrida tersebut menurut Asep karena permintaan pasar yang mayoritas lebih memilih buah tomat yang lebih besar dan berwarna merah segar.   

Selain itu, demikian Asep, benih hibrida tersebut juga tahan terhadap serangan virus Gemini dan penyakit-penyakit lainnya dibandingkan dengan benih tomat lain. Penyakit lainnya yang sering terjadi diantaranya pembusukan dibagian batang pohon, pangkal buah berwarna kehitaman, daun berwarna kecokelatan dan lain-lain.   

Apalagi, ketersediaan benihnya saat ini sangat mudah didapat, karena sudah banyak yang menjual dan banyak permintaan dari para petani.  

Untuk menanami lahan seluas 2 hektare, Asep membutuhkan sekitar 1,5 kg - 2 kg benih. Buah pertama sudah bisa dipungut setelah tanaman berumur 60-70 hari tanam.   

Apabila buah dipungut terlambat, terlalu matang atau tua maka banyak buah yang jatuh dan mudah rusak selama dalam pengangkutan.   

Asep menjelaskan,  hasil dari budidaya tomat miliknya dapat mencapai 30-40 ton buah tomat per hektar atau dua kali lebih banyak bila dibandingkan dengan petani lain yang menggunakan benih tomat biasa yang menghasilkan 10-20 ton per hektare.   

Menurut Asep, dengan biaya produksinya Rp10 juta per ha akan diperoleh keuntungan sekitar Rp30 juta.   

Perhitungannya, jelas Asep,  dalam 1 hektar akan diperoleh 30-40 ton tomat dengan harga rata-rata Rp.1.000 per kg - Rp.1.500 per kg. Hasil penjualan setelah dikurangi biaya produksi sebesar Rp10 juta, maka akan diperoleh keuntungan Rp20 juta.   

Adapun besar-kecilnya keuntungan tersebut sangat tergantung dari harga tomat di pasaran. Saat ini harga tomat, menurut Asep, anjlok di pasar per kg. hanya Rp 500, padahal sebelumnya harga jual tomat bisa mencapai Rp 4.000/kg di tingkat petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper