Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KTT APEC: SBY Memaklumi Keputusan Obama Batal ke Bali

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono memaklumi keputusan Presiden AS Barrack Obama membatalkan kehadirannya di Bali untuk mengikuti KTT APEC lantaran kondisi internal negara Paman Sam itu. Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono memaklumi keputusan Presiden AS Barrack Obama membatalkan kehadirannya di Bali untuk mengikuti KTT APEC lantaran kondisi internal negara Paman Sam itu.

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan alasan Obama membatalkan kehadirannya dalam KTT APEC 2013 di Bali karena AS masih harus melangsungkan pembahasan anggaran nasional.

Sebagaimana diberitakan, AS sedang mengalami shutdown atau penghentian kegiatan pemerintah federal karena ketidaksepahaman antara DPR yang dikuasai kubu Partai Republik dan senat yang dikuasai kubu Partai Demokrat soal anggaran nasional.

"Presiden Susilo menyampaikan bahwa dirinya dapat memaklumi pertimbangan terkait ketidakhadiran Presiden Obama di KTT APEC," ujar Faizasyah, Jumat (4/10/2013).

Faizasyah menambahkan bahwa Kepala Negara juga terus mengikuti perkembangan situasi di dalam negeri AS.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah mengatakan pemerintah berharap dapat meminimalkan dampak isu shutdown di Amerika Serikat.

Dia menyebutkan Presiden mencermati perkembangan isu soal shutdown di AS karena hal itu akan berdampak pada belanja pemerintah AS dan ketidakpastian di mata investor.

Namun demikian, Firmanzah menilai isu shutdown di AS tidak akan berdampak langsung terhadap Indonesia. Dampaknya, ujarnya, akan lebih terlihat kepada sikap investor yang mengambil posisi wait and see.

"Berbeda dengan rencana The Fed untuk mengurangi stimulus moneter karena berdampak pada likuiditas dollar, tidak hanya di AS tetapi juga di dunia langsung terasa."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggi Oktarinda
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper