Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran: Pelabuhan Merak Belum Padat

Bisnis.com, MERAK--Arus kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, relatif normal dan belum terlihat penumpukan kendaraan di sekitar areal parkir pelabuhan."Selama ini kendaraan pemudik yang hendak naik ke atas kapal berjalan lancar," kata

Bisnis.com, MERAK--Arus kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, relatif normal dan belum terlihat penumpukan kendaraan di sekitar areal parkir pelabuhan.

"Selama ini kendaraan pemudik yang hendak naik ke atas kapal berjalan lancar," kata Humas PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo kepada Antara, Jumat (2/8/2013).

Dia mengatakan, diperkirakan lonjakan penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak pada H-5 dan H-3 Lebaran 2013, karena berdasarkan pengalaman tahun-tahun lalu.

Saat ini, kata dia, kendaraan mulai mengantre di Dermaga Pelabuhan Merak, namun tidak menimbulkan kemacetan.

PT ASDP Merak telah mengoperasikan sebanyak 28 kapal "roll on roll of" atau "roro", sehingga perjalanan penyeberangan bisa dilakukan 90 trif.

Dengan pengoperasian kapal sebanyak itu tentu tidak menimbulkan kemacetan arus kendaran di Pelabuhan Merak, kata dia.

"Kami terus bekerja keras agar pelayanan penyeberangan Merak-Bakauheni menjadi lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Menurut dia, pergerakan penumpang dan kendaraan kebanyakan pada malam dan dini hari sehingga pagi dan siang hari kondisi pelabuhan sepi.

ASDP Merak sudah beberapakali mengimbau pemudik agar berangkat pada pagi dan siang untuk mengatasi kemacetan juga kelancaran.

"Kami berharap pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera bisa berangkat pagi dan siang hari," katanya.

Berdasarkan jumlah kendaraan, sepanjang Kamis (1/8) tercatat 5.680 unit terdiri dari roda dua sebanyak 1.236 unit, roda empat 2.575 unit, bus 362 unit, truk 2.743 unit.

"Saya kira jumlah kendaraan meningkat dibandingkan hari Rabu (31/7) tercatat 4.758 unit," kata Mario.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper