Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gus Dur Sosok yang Dirindukan Kepemimpinannya & Pemikirannya

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil pantauan terbaru Prapancha Research (PR) terhadap situs jejaring sosial  menemukan bahwa Gus Dur adalah sosok yang dirindukan kepemimpinan dan pemikirannya.

Berdasarkan pemantauan PR situs jejaring sosial selama 2 tahun ke belakang, dari semua ujaran perihal Gus Dur yang dikicaukan ulang di atas 50 kali : 38% di antaranya berujar tentang pemikiran atau kutipan pernyataannya yang mempromosikan toleransi; 24% kekaguman pribadi akun terkait pada sang tokoh; 16% pemikiran atau kebijakannya mengelola negara; 5% guyonan atau keseharian menariknya, dan 16% sisanya lain-lain.

“Gus Dur yang banyak diperbincangkan oleh orang-orang terkait kebijakan dan gagasannya yang tak biasa, justru menuai sentiment positif, yang tidak ditemukan terhadap figur-figur presiden lain pasca-Soekarno,” ujar Chief of Issues and Analytical Engineering Prapancha Research Adi Ahdiat hari ini,Sabtu (20/7/2013).

Adi menjelaskan seiring maraknya konflik horizontal yang meletup pasca-Orde Baru, yang secara intens diliput media, kebutuhan masyarakat akan ketenangan dirasa semakin tinggi.

Namun, PR mendapati bahwa masyarakat Indonesia saat ini tidak hanya mendambakan “stabilitas” yang menjadi simbol orde baru. Sebagian masyarakat rupanya justru menginginkan sosok yang lebih dari sekadar tegas.

“Mereka menginginkan sosok yang mendekati bayangan ideal seorang bapak bangsa. Yang berusaha menyatukan kemajemukan bangsa bukan dengan kebijakan militeristik, melainkan dengan pendekatan humanis, membela kalangan minoritas, dan memiliki pemikiran-pemikiran visioner. Di antara sosok-sosok yang pernah mengepalai pemerintahan di negeri ini, Gus Dur adalah sosok yang dibayangkan paling dekat dengan kriteria itu,” ujar Adi.

Selain itu, citra nyeleneh Gus Dur juga menjadi nilai tambah tersendiri. Guyonannya, suasana istana yang menjadi santai di masanya, serta ungkapan khasnya, “Gitu aja kok repot,” terbukti menjadi bagian penting dari ingatan publik tentang Gus Dur.

Menurut Adi, ini menjadikan Gus Dur diingat sebagai sosok yang dekat dan tidak mengambil jarak dengan rakyat. Satu hal yang nyaris tidak ada dalam komunikasi politik kita belakangan ini.

“Warisan utama Gus Dur adalah tindakan dan pemikirannya yang memperlakukan tiap warga sebagai subjek utama kehidupan bernegara di Indonesia. Itulah yang tampaknya dituntut publik, yang harus diteruskan oleh para pemimpin Indonesia ke depan,” tutup Adi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herry Suhendra
Editor : Sutarno
Sumber : herry suhendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper