Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Haji 2013: Waspadai Virus Corona di Arab Saudi

Bisnis.com, JAKARTA--Ratusan ribu calon jamaah Indonesia yang bersiap ke Tanah Suci, mulai September 2013, diingatkan untuk mewaspadai penyebaran virus corona yang tengah menyebar di Arab Saudi.Menurut Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, pihaknya terus memantau

Bisnis.com, JAKARTA--Ratusan ribu calon jamaah Indonesia yang bersiap ke Tanah Suci, mulai September 2013, diingatkan untuk mewaspadai penyebaran virus corona yang tengah menyebar di Arab Saudi.

Menurut Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, pihaknya terus memantau perkembangan penyebaran virus corona di Arab Saudi.

"Kami telah melakukan sosialisasi kepada para jamaah haji tentang virus corona. Namun tidak ada vaksinasi karena vaksin untuk penyakit ini belum ada,” katanya seperti dikutip situs Kementerian Agama, Rabu (17/7/2013).

Menkes menjelaskan bahwa dirinya telah menerima surat pemberitahuan dan peringatan resmi dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi soal bahaya virus Corona Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan menegaskan akan terus melakukan pemantauan terutama mengenai dampak bagi para jamaah haji asal Indonesia.

Nafsiah juga mengatakan Pemerintah tidak mengeluarkan surat larangan bepergian ke Arab Saudi meskipun ada ancaman virus corona.

Namun demikian, Pemerintah terus melakukan sosialisasi intensif bagi calon jamaah untuk dapat mengantisipasi tertular virus tersebut.

“Sekarang, kami betul-betul menyiapkan agar calon jamaah haji dalam kondisi prima dan siap saat berangkat haji,” kata Nafsiah.

Nafsiah juga mengimbau para lansia yang menderita penyakit kronis untuk dapat menunda rencana haji mereka meskipun tidak dapat memaksa jika para calon jamaah bersikeras untuk pergi haji tahun 2013.

Menurutnya, perlu diantisipasi oleh masyarakat yang akan bepergian ke negara-negara Semenanjung Arab.

Jika terdapat demam dan gejala sakit pada saluran pernafasan bagian bawah seperti batuk atau sesak nafas dalam kurun waktu 14 hari, mereka diminta untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Untuk melindungi diri dari penularan penyakit saluran pernafasan, termasuk virus corona, Kemenkes mengimbau masyarakat untuk melakukan beberapa langkah yaitu pertama menutup hidup dan mulut dengan tisu ketika batuk atau bersin dan segera membuang tisu tersebut ke tempat sampah.

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang belum dicuci, langkah ketiga menghindari kontak secara dekat dengan orang yang sedang menderita sakit serta keempat untuk membersihkan menggunakan desinfektan barang-barang yang sering disentuh.

Penyakit Middle East Respiratory Syndrome (MERS) merupakan penyakit yang disebabkan oleh Virus Korona yang disebut Middle East Respiratory Syndrome (MERS-Cov) dan pertama kali dilaporkan tahun 2012 di Arab Saudi.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat jumlah infeksi MERS-Cov di dunia mencapai 80 kasus dengan 44 kematian di seluruh dunia. (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper