Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERAIRAN LAMPUNG: Gelombang Tinggi 4 M, Waspadai Pelayaran

BISNIS.COM, BANDARLAMPUNG--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan tinggi gelombang di perairan Provinsi Lampung Senin hingga Selasa (18/6/2013) pagi dapat mencapai maksimum 4 meter sehingga perlu diwaspadai operator pelayaran

BISNIS.COM, BANDARLAMPUNG--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan tinggi gelombang di perairan Provinsi Lampung Senin hingga Selasa (18/6/2013) pagi dapat mencapai maksimum 4 meter sehingga perlu diwaspadai operator pelayaran dan nelayan daerah ini.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Klas IV Lampung Neneng Kusrini mengatakan informasi peringatan cuaca buruk berupa tinggi gelombang 2,0--3,0 m dapat terjadi di wilayah Selat Sunda bagian selatan dan perairan pantai bagian barat Lampung dengan tinggi gelombang 3,0--4,0 m dapat terjadi di perairan Samudra Hindia barat Lampung.

"Keadaan cuaca diperkirakan berawan di seluruh wilayah perairan Lampung," katanya seperti dikutip Antara, Selasa (17/6/2013).

Angin di atas wilayah perairan Indonesia, di utara Khatulistiwa umumnya bertiup dari selatan sampai barat, dan di selatan Khatulistiwa umumnya bertiup dari arah timur sampai barat daya dengan kecepatan angin berkisar antara 3 sampai 25 knot.

Secara rinci, prakiraan cuaca dan gelombang laut di perairan Lampung berlaku 24 jam dari tanggal 17 Juni pukul 07.00 WIB sampai dengan 18 Juni 2013 pukul 07.00 WIB, di Selat Sunda bagian utara (Merak-Bakauheni) arah angin ke barat-barat laut dengan kecepatan 5--10 knot, cuaca berawan, tinggi gelombang 0,5--1,25 meter, dan prakiraan tinggi gelombang maksimum mencapai 1,25-- 2,5 meter.

Pada perairan Selat Sunda bagian selatan, arah angin ke barat-barat laut dengan kecepatan 5--20 knot, cuaca berawan, dengan tinggi gelombang 0,5--2,0 meter, dan prakiraan tinggi gelombang maksimum 2,0--3,5 m.

Perairan Pantai Timur Lampung, arah angin ke tenggara-selatan dengan kecepatan 5--10 knot, cuaca berawan, tinggi gelombang 0,5--0,75 meter, dan tinggi gelombang maksimum diperkirakan 0,75--1,25 m.

Cuaca di perairan Pantai Barat Lampung, arah angin ke barat-barat laut dengan kecepatan 10--20 knot, cuaca berawan, tinggi gelombang antara 1,25--2,0 meter, dan prakiraan tinggi gelombang maksimum 2,0--3,5 m.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper