Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS.COM, PALEMBANG-Pasangan Alex Noerdin-Ishak Mekki dan pasangan Herman Deru-Maphilinda diperkirakan bertarung ketat dalam pemilihan kepala daerah Provinsi Sumatra Selatan, 6 Juni mendatang.

 

"Pertarungan sangat ketat terjadi pada Pilkada Sumsel antara Alex Noerdin dan Herman Deru," kata Wahyudi, Direktur Lembaga Survei Pembangunan Indonesia.

 

LSPI melakukan survei terhadap perilaku pemilih di Sumsel pada kurun waktu 15-21 Mei, yang menyimpulkan bakal terjadi pertarungan ketat antara kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tersebut.

Prediksi Perolehan Suara 4 Pasangan Cagub & Cawagub Sumsel

Pasangan

Prediksi Suara (%)

Alex Noerdin-Ishak Mekki

32,17

Herman Deru-Maphilinda

30,40

Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung

23,42

Iskandar Hasan-Hafisz Tohir

7,64

 Sumber: Survei Lembaga Survei Pembangunan Indonesia

Dia menjelaskan berdasarkan hasil survei, pasangan nomor urut 4, Alex Noerdin-Ishak Mekki meraih 32,17%, Herman Deru-Maphilinda (nomor urut 3) sekitar 30,40%, Eddy Santana Putra-Wiwit Tatung (nomor urut 1) 23,42%, Iskandar Hasan-Hafisz Tohir (nomor urut 2) 7,64%.

"Margin error diangka 1,8%, adapun swing voter sekitar 6,37%. Potensi satu dan dua putaran, kedua-keduanya berpeluang, tergantung pada suara mengambang (swing voter)".

Menurutnya, sekitar 65-70% pemilih menentukan pilihan dengan alasan melihat figur, sedangkan sisanya sekitar 30%-35% karena ditopang oleh faktor partai politik. (antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper