Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Quick Count PILKADA LUMAJANG: Ali Mudhori-Samsul Hadi Menang

BISNIS.COM, SURABAYA--Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ali Mudhori-Samsul Hadi memenangi Pemilihan Kepala Daerah Lumajang, Jawa Timur, versi hitung cepat lembaga survei Proximity dengan perolehan suara 36,25%. "Tim telah melakukan penghitungan

BISNIS.COM, SURABAYA--Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ali Mudhori-Samsul Hadi memenangi Pemilihan Kepala Daerah Lumajang, Jawa Timur, versi hitung cepat lembaga survei Proximity dengan perolehan suara 36,25%.

"Tim telah melakukan penghitungan cepat dan hasilnya pasangan Ali Mudhori-Samsul Hadi mampu mengalahkan pasangan bupati sebelumnya, yakni Sjahrazad Masdar dan As'at Malik," ujar Direktur Proximity Whima Edy Nugroho di Surabaya, Rabu (29/5/2013).

Dalam Pilkada kali ini, pasangan Sjahrazad Masdar-As'at Malik berada di urutan kedua dengan raihan suara 33,26%, sedangkan urutan ketiga dan keempat masing-masing Agus Wicaksono-Adnan Syarif yang meraih 24,82% dan pasangan Indah Pakarti-A Kafi dengan 5,67% suara.

Menurut Whima, ada beberapa faktor yang menyebabkan pasangan "ASA" mampu menggungguli pasangan Masdar-As'at yang merupakan pasangan petahana. Salah satunya kekuatan di bawah akar rumput yang mayoritas Nahdlatul Ulama dan ditunjang partai yang eksis.

"Di samping itu, pasangan ini gemar turun ke bawah dan dikenal dermawan, sehingga sangat populer pasangan ini berpihak serta prorakyat," kata dia.

Tidak hanya itu, pasangan yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut memiliki dan menawarkan konsep perubahan yang baik di mata masyarakat, termasuk oleh pemilih pemula.

Dalam hitung cepat ini, Proximity menggunakan medote multistage rundom sampling, dengan tingkat kesalahan sekitar 1% dengan sample pemilih sebanyak 65.302. Pasangan Ali Mudhori-Samsul Hadi unggul di banyak tempat pemungutan suara (TPS).

Dari 1.872 TPS yang tersebar di 21 kecamatan di Lumajang, pihaknya menjadikan contoh 150 TPS atau 65.302 pemilih dari total 819.872 pemilih yang tercatat dalam daftar pemilih tetap.

Dalam Pilkada Lumajang diikuti empat pasangan calon, yakni Sjahrazad Masdar-As'at Malik yang didukung Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Golkar dengan nomor urut 1.

Pasangan Agus WIcaksono-Adnan Syarif yang didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan nomor urut 2.

Pasangan Ali Mudhori-Samsul Hadi yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan nomor urut 3, dan pasangan Indah Pakarti-Abdul Kahfi yang didukung Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) dengan nomor urut 4. (Antara)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor :
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper