Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SNMPTN 2013 Sudah Final, SBMPTN Buka Pendaftaran Hingga 4 Juni

BISNIS.COM, JAKARTA--Selain menunggu pengumuman SNMPTN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri), lulusan SMTA (sekolah menengah tingkat atas) disarankan untuk segera mendafatarkan diri melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan

BISNIS.COM, JAKARTA--Selain menunggu pengumuman SNMPTN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri), lulusan SMTA (sekolah menengah tingkat atas) disarankan untuk segera mendafatarkan diri melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Berdasarkan pengumuman resmi situs www.sbmptn.or.id, proses pendaftaran itu sebenarnya sudah dibuka sejak 10 Mei 2013 melalui kerja sama dengan Bank Mandiri. Proses pembayaran bisa dilakukan melalui ATM maupun Internet Banking dan dilayani hingga 4 Juni 2013.

Setelah melakukan proses pembayaran, panitia SBMPTN 2013 memberi batas waktu pendafataran online hingga 7 Juni 2013 pukul 22:00 WIB atau 11 hari sebelum jadwal ujian tertulis 18-19 Juni 2013.

Untuk biaya pendaftaran, peserta dikenai pungutan Rp175.000 untuk ujian Saintek dan Soshum dan Rp200.000 untuk ujian campuran.

Sementara itu, untuk pilihan jurusan yang mengharuskan ujian ketrampilan, calon mahasiswa dikenai tambahan biaya Rp150.000 untuk satu mata ujian ketrampilan.

Yang jelas, para lulusan SMA dan sekolah sederajat (Sekolah Menengah Kejuruan/SMK, Madrasah Aliyah/MA, Madrasah Aliyah Kejuruan/MAK) masih memiliki waktu 12 hari sejak pengumunan kelulusan 24 Mei 2013 untuk mendafar ke perguruan tinggi negeri melalui tes seleksi tertulis SBMPTN.

Kalau masih penasaran dengan hasil SNMPT (masuk PTN tanpa tes) yang diumumkan Selasa 28 Mei 2013, mereka masih mempunyai waktu 8 hari untuk melakukan pendaftaran online melalui Bank Mandiri dan situs www.sbmptn.or.id.

Jadwal SBMPTN 2013

Tanggal

Tahap

10 Mei-4 Juni

Pembayaran pendaftaran melalui Bank Mandiri (ATM,Internet Banking) untuk mendapatkan KAP (kode akses pendaftaran) dan PIN

13 Mei-7 Juni

Pendaftaran secara online di ujian.sbmptn.or.id

18-19 Juni

Ujian tertulis

20-21 Juni

Ujian ketrampilan

12 Juli

Pengumunan hasil seleksi

Sumber: sbmptn.or.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper