Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILKADA BALI: Hasil Pilkada Rawan Digugat ke MK

BISNIS.COM, JAKARTA -- Hasil pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Provinsi Bali rawan terhadap gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) mengingat margin error perolehan suara antara kedua calon gubenur yang sama-sama berasal dari petahana tersebut tidak

BISNIS.COM, JAKARTA -- Hasil pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Provinsi Bali rawan terhadap gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) mengingat margin error perolehan suara antara kedua calon gubenur yang sama-sama berasal dari petahana tersebut tidak sampai 1%.

Demikian dikemukakan oleh Direktur Eksekutif Poll-Tracking, Hanta Yudha mengomentari raihan suara antara pasangan Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta dan AA Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan dalam.

Menurutnya, hari hasil penghitungan suara sementara, rata-rata margin error yang diperoleh berkisar pada 0,5% sehingga belum bisa mengatakan siapa pemenang dari hasil pemungutan suara tersebut.

“Hasil ini rawan terhadap gugatan ke Mahkamah Konstitusi meski kita tidak mengharapkannya,” ujarnya melalui wawancara lewat telepon dengan Bisnis, hari ini, Rabu (15/5/2013) terkait pemilihan kepala daerah yang berlangsung sangat ketat tersebut.

Pada tahap awal penghitungan suara calon gubenur Mangku Pastika terlihat memimpin hingga menyentuh 51%. Namun beberapa saat kemudian posisi Puspayoga terus menguat hingga berhasil mengalahkan Mangku Pastika dengan margin erro sangat tipis 0,4%, menurut satu penghitungan suara sementara.

Margin error yang dibawah 1% ini belum bisa dijadikan rujukan untuk menentukan kemenangan. Kita harus bersabar menunggu penghitungan riil di KPUD,” ujarnya.

Terkait kondisi itu, Hanta mengingatkan agara tim sukses kedua calon gubenur untuk benar-benar mengontrol penghitungan suara resmi di KPUD. Selain itu, kedua tim juga harus mengontrol diri untuk tidak terlibat pada kalim sepihak yang bisa memicu gangguan keamanan.  

Berdasarkan penghitungan cepat (quick count) pemilihan Gubernur Bali 2013-2018 versi Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), pasangan nomor urut 1 Anak Agung Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan unggul tipis dengan perolehan suara 50,26%. Sementara pasangan Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta memperoleh suara 49,74%.

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya menilai raihan suara Puspayoga tidak terlepas dari mesin partai PDIP yang bekerja dengan baik. Menurutnya, dari berbagai Pilkada selama ini kekuatan figur biasanya lebih menonjol dari pada kekuatan mesin partai untuk memenangkan seorang kandidat.

“Namun di Bali terbukti bahwa persepsi publik tersebut salah dan Puspayoga bisa bersaiang ketat dengan Mangku Pastika,” ujarnya.

Yunarto juga mengaku tidak heran dengan hasil yang imbang tersebut karena sejak awal sejumlah lembaga survei sudah memprediksi demikian selain keduanya sama-sama mempunyai kekuatan yang berimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper