Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nelson Mandela Kembali Dirawat Di Rumah Sakit

130328_mandela.jpgBISNIS.COM, JOHANNESBRG-Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela kembali dilarikan ke rumah sakit akibat kambuhnya infeksi paru-paru yang dideritanya.

130328_mandela.jpg

BISNIS.COM, JOHANNESBRG-Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela kembali dilarikan ke rumah sakit akibat kambuhnya infeksi paru-paru yang dideritanya.

Pemerintah Afsel menyatakan, Kamis (28/3/2013),  Peraih Nobel Perdamaian 94 tahun itu masuk rumah sakit tak lama sebelum Rabu tengah malam. Namun, pemerintah tidak memberikan rincian lebih lanjut, selain mengatakan "Mandela sedang menjalani perawatan ahli medis dan kenyamanan yang terbaik".

Mandela, yang menjadi presiden pertama kulit hitam pada 1994, sudah sekian lama absen dari kancah politik dalam beberapa dekade terakhir, tapi tetap menjadi simbol perjuangan menentang rasis dan dicintai rakyatnya.

Mandela terkenal baik di dalam maupun luar negeri setelah menghabiskan 27 tahun di penjara dalam berjuang melawan pemerintahan kulit putih di Afrika dan kemudian mempromosikan aksi perdamaian ras.

Namun, Mandela kini dalam kesehatan yang rapuh dan lemah selama beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya, Mandela sempat dilarikan ke rumah sakit awal bulan ini untuk medical check-up dan pernah menghabiskan hampir 3 minggu di rumah sakit pada Desember lalu karena infeksi paru-paru dan operasi penghilangan batu empedu.

Hal itu merupakan masa perawatan terlama di rumah sakit sejak terbebas dari penjara pada 1990, setelah hampir 3 dekade berjuang menumbangkan pemerintahan minoritas apartheid.

Mandela memiliki riwayat masalah paru-paru yang muncul saat dia terjangkit TBC ketika menjadi tahanan politik. (Reuters)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Winda Rahmawati
Editor : Others
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper