Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JOKOWI keberatan besaran subsidi tarif MRT

JAKARTA: Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengeluhkan besaran subsidi yang harus ditanggung pemda dalam membiayai tarif mass rapid transit (MRT) nantinya.Dalam hitungan yang dipaparkan oleh PT MRT Jakarta, terang Jokowi, besaran tarif yang dihitung akan

JAKARTA: Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengeluhkan besaran subsidi yang harus ditanggung pemda dalam membiayai tarif mass rapid transit (MRT) nantinya.Dalam hitungan yang dipaparkan oleh PT MRT Jakarta, terang Jokowi, besaran tarif yang dihitung akan mencapai Rp38.000 untuk satu penumpang. Melalui subsidi pemerintah, maka bisa ditekan mencapai Rp10.000/penumpang."Yang disubsidi lebih besar dari harga tiket yang diterapkan. Kalau misalnya 10, disubsidi tiga, itu wajar. Tapi kalau nilainya 10 yang disubsidi enam, itu besar sekali," kata Jokowi, Kamis (22/11/2012).Tapi, sambungnya, kalau pemerintah cuma mensubsidi Rp8.000, dengan harga tiket mencapai Rp30.000, siapa yang akan menggunakan moda transportasi publik tersebut.Oleh sebab itu, Jokowi akan terus memastikan bagaimana kemampuan MRT dalam melakukan return of investment, jenis sistem untuk meningkatkan jumlah penumpang, juga jenis perjanjian kerja sama yang dibangun dengan pihak Jepang.Sampai saat ini, Jokowi mengaku belum mendapatkan jawaban yang memadai terhadap pemaparan yang sudah diberikan oleh pihak MRT."Semua hal yang saya tanyakan itu kan ujung-ujungnya akan berdampak pada besaran tarif yang ditetapkan. Busway juga dapat subsidi yang tidak sedikit. Kalau semuanya mengandalkan dari subsidi, ya susah," tuturnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Fatia Qanitat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper