Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KASUS SAMPANG: PBNU Kutuk Aksi Kekerasan Terhadap Warga Islam Syiah

JAKARTA: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengutuk terulangnya aksikekerasan terhadap warga Islam Syiah di Nanggernang, Sampang, Madura, JawaTimur.Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj menilai peristiwa tersebut merupakankriminal murni dan aparat penegak 

JAKARTA: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengutuk terulangnya aksikekerasan terhadap warga Islam Syiah di Nanggernang, Sampang, Madura, JawaTimur.Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj menilai peristiwa tersebut merupakankriminal murni dan aparat penegak  didesak dapat menjalankan tugaspenegakan hukum dengan baik."Saya melihat kejadian itu sebagai kriminal murni, karena dakwah tidakdibenarkan kalau sampai harus saling melukai, apalagi saling bunuh. Olehkarenanya aparat penegak hukum, dalam hal ini kepolisian, harus bisabertindak sesuai dengan hukum yang ada," katanya melalui siaran pers,  Senin sore (27/8/2012).Terkait tudingan sejumlah pihak Syiah sebagai aliran sesat, Saidmengatakan,  dengan tegas NU menolak penyelesaiannya dilakukan melaluijalur kekerasan. Meskipun ada perbedaan pandangan, jalur dakwah untuktujuan pencerahan  tetap harus diutamakan."Kenyataannya di dunia ini Syiah dianggap sesat, keluar dari Islam danlain sebagainya, tetap tidak dibenarkan kalau penyelesaiannya melaluijalan kekerasan. Tidak ada paksaan untuk memasuki agama Islam, tidak adakekerasan dalam agama," ujarnya.Said Aqil  menegaskan sikap NU, yaitu menolak kekerasan dari dan kepadasiapapun, apapun latar belakang kejadiannya, termasuk kepada komunitaskeagamaan yang mempunyai cara pandang berbeda.

Menurutnya, PBNU sejauh ini sudah melakukan sejumlah upaya untuk membantumenyelesaikan perselisihan warga Islam Syiah di Sampang, Madura.

Salah satu pengurus  PBNU Saifullah Yusuf yang juga tercatat sebagai WakilGubernur Jawa Timur, secara khusus sudah diberikan mandat untukmenyelesaikan permasalahan tersebut, namun  tetap sesuai denganprinsip-prinsip Nahdlatul Ulama.Warga Islam Syiah di Nanggernang, Sampang, Madura, Jawa Timur, kembalidiserang oleh sekelompok orang hingga mengakibatkan jatuhnya  korban jiwadan beberapa lainnya luka. (if) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper