Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DEMO BBM: Buruh Bekasi ancam kuasai tol Cikampek-Jakarta besok 30 Maret

 

 

BEKASI: Aliansi Forum Solidaritas Buruh Kota Bekasi (FSBKB)  Jawa Barat mengancam akan menutup akses tol menuju Jakarta besok, 30 Maret, apabila  kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tetap dilakukan.

 

“Bila pemerintah tetap menaikkan harga BBM pada sidang paripurna besok, seluruh buruh siap menutup tol Jakarta-Cikampek dengan menerobos masuk tol menggunakan sepeda motor,” ujar juru bicara FSBKB Masrul Zambak di sela-sela aksi demonstrasi di gedung DPRD Kota Bekasi, Kamis 29 Maret 2012.

 

Menurut dia, perjuangan buruh untuk memperoleh upah minimum Kabupaten/Kota Bekasi dengan melangsungkan aksi menutup akses tol pada Januari 2012 akan sia-sia, apabila diiringi kenaikan harga BBM pada 1 April.

 

“Kami menentukan kenaikan UMK pada saat itu tidak memperhatikan adanya kenaikan tarif BBM,” ujarnya.

 

Dia juga mengatakan rencana aksi menutup jalan tol akan menyertakan sejumlah aliansi buruh dari  Kabupaten Bekasi, Depok, Karawang, dan Tangerang.

 

Secara terpisah, Koordinator Buruh Bekasi Bergerak (BBB) Obon Tabroni mengatakan penutupan tol adalah aksi puncak dari kaum buruh dalam memperjuangkan hak kehidupan yang layak.

 

“Kita akan buat aksi massa terbesar dalam sejarah Bekasi. Tanpa reaksi massa, DPR tidak akan melakukan perubahan. Saat ini cuma tiga partai yang menolak kenaikan BBM, yakni Hanura, Gerindra, dan PDIP,” katanya. (Antara/ea)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswires

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper