Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERUM BULOG: Divisi Kaltim stop operasi pasar beras

BALIKPAPAN: Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Kalimantan Timur menghentikan sementara kegiatan operasi pasar karena pada periode Maret–April merupakan masa panen bagi petani padi.Kepala Bulog Divre Kaltim Abdul Nadjid mengatakan operasi

BALIKPAPAN: Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Kalimantan Timur menghentikan sementara kegiatan operasi pasar karena pada periode Maret–April merupakan masa panen bagi petani padi.Kepala Bulog Divre Kaltim Abdul Nadjid mengatakan operasi pasar berfungsi untuk menjaga harga agar tidak terlalu melonjak terlalu tinggi sehingga masih mampu dijangkau oleh masyarakat.

“Sementara masa panen itu identik dengan stok beras yang banyak. Kalau kami gelontorkan beras untuk OP [Operasi Pasar], tentu akan berakibat pada turunnya harga. [Akibatnya] petani bisa merugi,” ujarnya, Rabu, 14 Maret 2012.Kebijakan ini, imbuh Nadjid, berlaku secara nasional karena masa panen petani padi hampir sama di Indonesia.

Fungsi Bulog sebagai pengendali pangan pada saat seperti ini menjadi penting untuk melindungi konsumen dan petani.Namun, OP tetap dimungkinkan untuk daerah di wilayah utara Kaltim yang terkendala oleh jaringan transportasi sehingga menyebabkan harga beras cukup tinggi.

Dia mengaku selalu siap untuk menyediakan beras guna OP apabila diminta oleh pemerintah daerah setempat. (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Rachmad Subiyanto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper